Kamis, 12 April 2012

SOAL LINGKARAN



 ULANGAN HARIAN I LINGKARAN
 Tahun Pelajaran. 2011/2012
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas                           : VIII (Delapan)
Hari / Tanggal           : Senin, 06 Februari 2012
Waktu                        :  90 Menit

 Pilihlah satu jawaban yang benar !.

1.
Keliling lingkaran yang berjari-jsri 5 cm ( π  = 3,14 ) adalah ..........

a.
6,28 cm
c.
25,12 cm

b.
15,7 cm
d.
31,14 cm

2.
Diketahui keliling suatu lingkaran 77 cm. Dengan π =  maka diameter lingkaran itu adalah : ........

a.
3,5 cm
c.
24,5 cm

b.
14 cm
d.
49 cm

3.
Sebuah roda memiliki jari-jari 14 cm, jika roda itu digelindingkan pada lintasan lurus sebanyak 20 kali putaran maka jarak yang dilaluinya  adalah :

a.
8,8 meter
c.
21,2 meter

b.
17,6 meter
d.
22 meter

4.  Luas daerah yang diarsir pada gambar berikut adalah :......
a.         157 cm2                       c. 228 cm2
b.        196,25 cm2                   d. 235,5 cm2
5.
Pada gambar di bawah, juring AOB mempunyai luas 15 cm2.
  1. 4,5 cm 
  2. 5   cm
  3. 5,5 cm
  4. 6 cm
 
Jika panjang busur AB = 6 cm, maka OA adalah :......




6.  Diketahui segi empat tali busur ABCD di samping,
Ð A = 82o, Ð B = 87o, dan ÐC = 98o. Besar Ð D =…...
a. 83o                                            c.  93o
b. 97o                                            d. 107o


7.
Keliling dari bangun di bawah adalah :......







a.  18 cm
b.  31,4 cm
c.  35,4 cm
d.  39,4 cm
 

 








8.
Jari-jari lingkaran yang memiliki keliling 154 cm  adalah :

a.
7 cm
c.
22,5 cm

b.
14 cm
d.
24,5 cm

9.
Keliling lingkaran memiliki luas 314 cm2  adalah :

a.
62,8 cm
c.
23,5 cm

b.
31,4 cm
d.
15,7 cm

10.  Sebuah lingkaran dengan pusat O dan berjari-jari 10 cm. Titik P dan Q terletak pada lingkaran. Jika besar
a. 314 cm2                        b. 31,4 cm2
c. 3,14 m2                         d. 0,14 m2

11. Perhatikan gambar di bawah ini.
Jika besar < OAC = 50°, maka besar < ABC adalah ....
a. 40°                           b. 50°
c. 80°                           d. 100°



12. Sebuah ban sepeda kelilingnya adalah 176 cm. Dengan memilih π = 22/7, maka jari-jari ban sepeda adalah ....
a. 4 cm                                          b. 7 cm
c. 14 cm                                        d. 28 cm

13. Sebuah mobil bergerak sehingga rodanya berputar 1000 kali. Jika jarak yang ditempuh 1,32 km dan π = 22/7, maka jari-jari ban mobil adalah ....
a. 12 cm                                        b. 21 cm
c. 24 cm                                        d. 42 cm


Text Box: 7 cmText Box: 14 cm

14. Luas bangun pada gambar di samping adalah ….
a. 164,5 cm2                                 c. 183,5 cm2
b. 173,5 cm2                                 d. 193,5 cm2



Text Box: 42 cm15. Keliling bangun pada gambar di samping adalah ….
a. 164 cm                                     c. 244 cm
b. 184 cm                                    d. 254 cm



Text Box: 21 cm16. Luas daerah yang di arsir pada gambar di samping adalah ….
a. 63 cm2                                                  c. 83 cm2
b. 73 cm2                                                  d. 94,5 cm2


17. Sebuah taman berbentuk lingkaran dengan diameter 35 m. Sekeliling taman itu setiap 2 m ditanami pohon. Banyaknya pohon agar sekeliling taman ditanami pohon adalah ….
a. 55 buah                                                 c. 45 buah
b. 65 buah                                                d. 35 buah
                                    
18. Pada gambar berikut, besar ∠AOB = 660  dan panjang OA = 21 cm.
Panjang busur AB adalah ….
a. 13,2 cm                                                                                                   c. 52,2 cm
b. 24,2 cm                                                                          d. 64,2 cm
19. Besar MON = 900. Panjang jari-jari OM = ON = 14 cm.
Luas daerah yang di arsir (tembereng) adalah ….
a. 56 cm2                                                     c. 62 cm2
b. 59 cm2                                   d. 71 cm2




20. Pada gambar di samping, besar ∠AOB = 300, ∠COD = 780,
dan panjang busur AB = 15 cm. Panjang busur CD adalah ….
a. 39 cm                                                     c. 37 cm
b. 49 cm                                                     d. 47 cm



21. Pada gambar di samping, besar ∠MNL = 280 dan ∠NLK = 360.
Besar ∠NOM adalah ….
a. 770                                                                                                                 c. 890
b. 1020                                                                                                            d. 1160

22. Pada gambar di samping, panjang AB = BC
dan besar ∠ABO = 420. Besar ∠CBO adalah …...
a. 400                                                                                                                 c. 840
b. 420                                                                                                                d. 920

23. Perhatikan gambar di samping!
Jika sisi-sisi persegi berukuran 16 cm, dan
diameter lingkaran sama dengan 14 cm,
maka luas daerah yang diarsir adalah ….
a. 96 cm2                                                                                                     c. 100 cm2
b. 98 cm2                                                                                                     d. 102 cm2

24. Diameter sebuah roda sama dengan 42 cm. Jika roda tersebut berputar sebanyak 300 kali, maka panjang lintasan yang sudah dilalui roda tersebut adalah ….
a. 396 m                                                                           c. 396 dm
b. 396 cm                                                                         d. 39,6 m

25. Sebuah taman rumput berbentuk lingkaran dengan jari-jari 20 m, dan π = 3,14. Di dalam taman itu terdapat kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran 16 m x 12 m. Bila harga rumput Rp. 3.250,00 per m2 dan ongkos tukang Rp. 750.000,00, maka biaya yang diperlukan untuk penanaman rumput adalah…
a. Rp 4.158.000,00                                               b. Rp 4.208.000,00
c. Rp 4.530.000,00                                               d. Rp 4.832.000,00




ALHAMDULILLAH

BELAJAR MATEMATIKA


-->

Sabtu, 24 Oktober 2009
By istiyanto.com
Pada posting kali ini akan saya akan sedikit memberikan saran agar Anda sukses dalam belajar Matematika. Semoga tutorial ini bisa mengubah cara berpikir Anda yang antipati terhadap Matematika, atau setidaknya mengurangi rasa takut yang berlebihan (phobia) terhadap Matematika.
Sukses Belajar Matematika
Yes, You Can Learn Math !!! Get a “can do” attitude. Kalimat inilah yang seharusnya dalam pikiran Anda. Hal tersebut pasti membuat Anda lebih percaya diri dalam mengerjakan soal Matematika.

Jika Anda terampil berolahraga, bermain musik, menari dan lain-lain, Anda pastinya juga dapat mengerjakan soal Matematika. Berikut tips untuk Anda.
1. Berlatih Matematika Sedikit Demi Sedikit Setiap Hari
Hal ini akan membangkitkan rasa percaya diri Anda dan menghilangkan rasa panik/grogi pada waktu ujian Matematika.
2. Memahami Pentingnya Manfaat Belajar Matematika
Jika Anda pelajar SMP atau SMA, berpikirlah realistis bahwa di perkuliahan membutuhkan kemampuan Matematika (aljabar) untuk mendapatkan gelar Sarjana. Beberapa jurusan, misalnya Kimia, Kedokteran, Manajemen, Akuntansi, Teknik Elektro, Statistik dan lain-lain membutuhkan ketrampilan dalam bidang Matematika.
Setelah Anda memperoleh gelar Sarjana, tentu saja Anda ingin bekerja sebagai tenaga profesional. Sebagian besar pekerjaan profesional setidaknya membutuhkan kemampuan Matematika. Tentu saja tidak hanya hitung menghitung, melainkan juga kemampuan berpikir analitis, kemampuan problem solving yang baik, berlogika dan lain-lain. Jadi, pikirkanlah dari sekarang bahwa hampir semua bidang dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan Matematika.
3. Rajin Hadir dan Aktif Pada Waktu Pelajaran Matematika
Topik-topik dalam Matematika merupakan topik yang saling terkait dan tidak dapat dipisah-pisahkan sekalipun itu merupakan konsep baru. Ini berarti bahwa pelajaran hari ini merupakan prasyarat untuk besok. Masalah-masalam dalam konsep baru membutuhkan ketrampilan sebelumnya. Misalnya, dapatkah Anda memecahkan soal yang berkaitan dengan pecahan, jika Anda tidak mengetahui konsep perkalian. Kehadiran Anda setiap hari, akan membantu Anda untuk memahami sedikit demi sedikit, sehingga pada ujian akhir tidak terlalu banyak yang dipelajari.
4. Kerjakan Selalu Tugas Anda
Ini kelihatannya sederhana, tetapi waktu Anda sangatlah terbatas. Di sekolah
Anda tidak hanya memiliki tugas matematika, tetapi tugas yang lain pastilah cukup banyak dan mengantri untuk dikerjakan dan seterusnya. Berpikirlah begini: “Tidak ada pekerjaan rumah, tidak ada latihan”. Pekerjaan rumah (PR) membantu Anda berlatih terapan dari konsep-konsep Matematika. Seperti halnya ketika kita berlatiha menyetir mobil. Semakin banyak kita sering berlatih, maka kemampuan kita untuk mengendarai akan semakin baik dan lebih percaya diri ketika di jalan. Jika Anda hanya berlatih secara teori saja dengan membaca buku manual, Anda tidak akan pernah berlatih dengan kepercayaan diri dan ketrampilan. Saya menyarankan pada Anda untuk berlatih materi pengayaan agar bisa lebih maksimal.
5. Mencoba Untuk Memahami Soal Matematika
Ketika mengerjakan pekerjaan rumah, tanyakan pada diri Anda, apa yang ingin kamu cari dan bagaimana kamu mendapatkan hasilnya. Jangan hanya mengikuti contoh. Kerjakan setiap permasalahan, tahap demi tahap sampai kamu mengerti, mengapa kamu mengerjakan dengan cara demikian dan sampai pada solusinya. Jika Anda mengikuti apa dan mengapa, kamu akan mengetahui apa yang harus kamu kerjakan ketika Anda mengerjakan soal yang mirip.
math class
(sumber: http://homepage.smc.edu/nestler_andrew/sums25eq.jpg)
6. Gunakan Kartu Indeks Untuk Persiapan Ujian
Ketika Anda mengerjakan soal ujian, pastikan bahwa Anda mengerti dengan
permasalahan-permasalahan untuk setiap konsepnya sebagaimana Anda pernah mengerjakannya. Buatlah kartu-kartu indeks yang berisi soal-soal latihan. Acak kartu-kartu tersebut, kemudian aturlah waktu Anda.Kerjakan soal-soal tersebut tanpa membuka buku satu persatu. Hal ini akan memberikan pengalaman seperti halnya simulasi ujian.
7. Bertanya di Kelas
Jangan segan untuk bertanya. Guru Anda tidak akan menertawai dengan pertanyaan yang Anda ajukan. Justru guru akan merasa senang dengan pertanyaan Anda, karena Anda telah berusaha untuk memahami penjelasannya.
8. Bertanya di Luar Kelas
Jika Anda merasa segan bertanya di dalam kelas, cobalah untuk bertanya di kantor guru atau di tempat lain. Jangan pernah merasa terlambat untuk bertanya.
9. Periksa Tugas Rumah Anda
Pastikan bahwa ketika Anda berhasil mengerjakan perkerjaan rumah Anda, cobalah untuk membukanya kembali dan jangan sampai Anda lupakan, Konsep Matematika merupakan konsep yang berkesinambungan, sehingga janganlah mencoba untuk melupakan materi sebelumnya.
10. Perhatikan Guru di Kelas
Matematika seperti bola salju. Jika Anda tidak memperhatikan peringatan dari guru Anda ketika presentasi, Anda akan ketinggalan konsep penting dalam latihan. Ingat, informasi hari ini merupakan pondasi/dasar untuk esok.
11. Jangan Banyak Bicara di Kelas
Jika Anda punya pertanyaan, silahkan langsung tanyakan pada guru Anda dan jangan Anda malah ngobrol sendiri atau berbicara dengan teman Anda. Informasi dari teman kelas Anda mungkin saja bisa salah. Cobalah untuk tidak berbicara hal-hal di luar pelajaran agar Anda bisa lebih fokus.
12. Baca dan Pelajarilah Buku Teks Matematika Anda
Yap, ada banyak alasan mengapa Anda mengeluarkan uang untuk membeli buku Matematika. Jika Anda perhatikan baik-baik, Anda akan melihat bahwa buku Anda berisi halaman-halaman dengan contoh soal yang baik, penjelasan dan definisi istilah-istilah. Pelajari baik-baik buku Anda dan janganlah sia-siakan buku yang sudah Anda beli.


-->